SATUNAN ANAK YATIM DALAM RANGKA PERINGATAN TAHUN BARU 1439 HIJRIYAH

Peringatan tahun baru hijriyah adalah kegiatan rutin Masyarakat Desa Sidomulyo pada bulan muharom.  Pada tahun baru 1439 H kelompok Muslimat Ranting Sidomulyo Kecamatan Petanahan mengadakan pengajian dan santunan kepada Anak Yatim Piatu Serta Orang Jompo, yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 15 oktober 2017 bertempat di halaman Mushola Miftakhul Iman RT 01 RW 02. Desa Sidomulyo Kec. Petanahan. “Dana satunan berasal dari iuran anggota Muslimat, Masyarakat, Aparat Desa, dan Juragan Tudung (Bos Slamet) yang  menjadi donatur paling banyak sehingga total uang santunan berjumlah Rp. 13.910.000,-.” (kata mundar bendahara panitia 15/10/2017). Dalam sambutan Kepala Desa (Bp. Nasimin Kepala Desa Sidomulyo) mengatakan “terima kasih kepada Muslimat Ranting Sidomulyo yang telah kerja keras sehingga terselenggara kegiatan santunan ini yang juga didukung oleh Masyarakat, Pemerintah Desa Sidomulyo terutama PKK RT, serta Para Dermawan yang menjadi penyumbang dana.

Biaya kegiatan ini juga di topang dari kas PKK RT Dukuh Pekeyongan, Mutihan, Rendeng, Pendil dan Jalasida, yang menghabiskan dana sekitar Rp. 3.500.000,- untuk membayar sound system, tarub, bisaroh, akomodasi dan perlengakapan lainya (kata Khiftun Nasihah Ketua Muslimat Ranting Sidomulyo 15/10/2017). Untuk menambah semarak serta meriahnya acara di hibur oleh Group Rebana Al-Ikhlas dari dukuh jalasida sumbangan dari Bapak Toharun. Acara santunan dan pengajian dimulai dari pukul 08’00 s.d pukul 13’00 wib. Adapun jumlah anak yatim / piatu sebanyak 18 anak dan orang jompo berjumlah 49 orang dan tausiyah di isi oleh Ibu Nyai Titi ….. dari Poncowarno yang merupakan anggota Pokja 1 PKK Kabupaten Kebumen yang dalam tausiyahnya mengatakan Surat Almaa’uun yang artinya ;

1.  Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

2.  Itulah orang yang menghardik anak yatim,

3.  Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

4.  Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,

5.  (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,

6.  Orang-orang yang berbuat riya[1603],

7.  Dan enggan (menolong dengan) barang berguna[1604].

Harapan dan pendapat dari Masyarakat Sidomulyo acara seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya untuk memuliakan anak yatim.

Artikel Terkini

tudung petani sidomulyo

  1. Cara membuat

1)      Bahan

-          Bambu Tali

2)      Alat

-          Pisau (lading)

-         Sabit

-bendo (...Baca Selengkapnya

tenong asli sidomulyo

  1. Spesifikasi Produk

1)      Bahan

-          Bambu wulung

-          Tali kayu pandan

-          Bahan untuk pengasapan

2)   ...Baca Selengkapnya

SOSIALISASI PENDATAAN PENDUDUK MISKIN

Sidomulyo, (29/4/2014) Sebagai salah satu percontohan dalam program TKP2KDes dan sistem informasi desa atas kerja sama FORMASI (Forum Masyarakat Sipil) Kebumen dan pemerintah desa sidomulyo, desa sidomulyo pada tanggal 26 April 2014 melaksanakan sosialisasi pendataan penduduk miskin yang bertempat di balai desa.

Kegiatan ...Baca Selengkapnya

PARA SISWA SDIT BELAJAR ANYAMAN DI SIDOMULYO

Sidomulyo, (28/4/2014) di desa Sidomulyo pada tanggal 18 April 2014 mendapat kunjungan dari SDIT Logaritma Karanganyar. Dalam kunjungan ini diadakan selama satu hari yang di isi dengan pelatihan penganyam untuk para siswa yang di bimbing oleh kurang lebih 10 warga perajin anyaman Sidomulyo.

Saat pelatihan siswa sangat ant...Baca Selengkapnya